Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Mengenal Hiu Terbesar di Dunia

Mari Mengenal Hiu Terbesar di Dunia

Artikel kali ini akan membahas seputar hiu terbesar di dunia. Hiu di lautan lepas dikenal sebagai ikan pemangsa nomor satu yang ditakuti oleh manusia dan ikan-ikan lain umumnya. 

Ikan yang bernapas dengan lima insangnya yang kokoh ini memiliki geligi dengan taring yang tajam dan mampu merobek-robek daging mangsanya into little pieces. Hiu paling mini memiliki panjang tubuh sekitar 22 cm dan hiu terbesar di dunia panjangnya bisa mencapai 15 kaki.

Terdapat 360 spesies hiu dan 10 diantaranya merupakan spesies predator atau pemangsa dan tergolong kelas hiu terbesar di dunia. Kesepuluh spesies hiu terbesar di dunia ini dinilai berdasarkan panjang tubuh, bobot, dan kedalaman laut tempat tinggalnya. 

Di antara kesepuluh spesies hiu terbesar di dunia itu adalah sebagai berikut:

Hiu Terbesar di Dunia - Rhincodon Typus

Hiu yang dikenal pula dengan nama whale shark atau hiu paus ini memiliki bobot tubuh mencapai 15 ton. Tidak heran jika dia digolongkan dalam hiu terbesar di dunia. Hiu paus memiliki panjang hingga 41 kaki dan dapat hidup selama 70 tahun lamanya. 

Konon katanya, hiu paus yang pernah ada sekitar 60 juta tahun yang lalu ini gerakannya lambat dan hanya bisa memakan binatang yang sangat kecil di laut khatulistiwa dan perairan hangat tempat tinggalnya. Hiu terbesar di dunia ini ternyata bukan merupakan hiu pemangsa.

Hiu Terbesar di Dunia - Cetorhinus Maximus (Basking Shark)

Di urutan kedua, hiu terbesar di dunia ditempati oleh hiu basking. Beratnya ada yang mencapai 19 ton dan dapat hidup sepanjang 40 kaki atau 12,7 meter. Sama seperti hiu paus, hiu basking bukanlah hiu pemangsa karena ia hanya makan fitoplankton. Ia banyak tinggal di perairan hangat dan sekarang spesiesnya terancam punah.

Nama hiu terbesar di dunia ini diambil dari bahasa Yunani, yaitu cetos yang berarti 'monster lautan', rhinos yang berarti 'hidung', serta maximus yang berarti 'besar'. Bagian hidungnya memang agak terlihat panjang dan gempal di atas rahangnya. 

Hiu basking menjadi punah karena ulah paus pembunuh yang menjadi predatornya serta manusia yang menjadikannya sumber makanan untuk manusia dan ternak juga obat-obatan.

Hiu Terbesar di Dunia - Carcharodon Carcharias (Great White Shark)

Hiu terbesar di dunia ketiga ini disebut-sebut sebagai hiu paling ganas yang pernah ada. Bobot tubuhnya bisa mencapai 2268 kilogram dengan panjang hingga 26 kaki. Hiu great white sering ditemui pada pantai-pantai di seluruh lautan. Spesies terakhir dari jenis carcharodon ini merupakan predator paling ditakuti di seantero samudera.

Great white shark yang menjadi ikon hiu terbesar di dunia ini juga telah diangkat ke dalam sebuah novel berjudul White Shark karya Peter Benchley pada 1994. Kedahsyatan cengkraman geligi hiu ini dalam melumpuhkan mangsanya membuat Peter tertarik menulis novel dengan setting laut dan hiu great white sebagai tokoh utamanya.

Novel ini juga telah diangkat menjadi sebuah film layar lebar sukses di Hollywood garapan sutradara Stephen Spielberg dengan judul Jaws.

Hiu Terbesar di Dunia - Galeocerdo Cuvier (Tiger Shark)

tiger-shark

Hiu terbesar di dunia keempat adalah hiu yang memiliki corak tubuh mirip harimau. Hiu ini terkenal kekejamannya dan kerakusannya. Tiger shark kerap menyerang para perenang dan penyelam yang melintas di dekatnya. Hiu ini juga pemakan segala yang ada di dasar laut.

Hiu sepanjang 24 kaki ini biasa tinggal di sekitar perairan Pasifik dan Khatulistiwa. Dengan bobot seberat 900 kilogram, hiu ini mampu berenang dengan lihai dan cepat saat melihat mangsa yang diburunya.

Hiu Terbesar di Dunia - Somniosus Pacificus (Pacific Sleeper Shark)

Selanjutnya di urutan kelima hiu terbesar di dunia adalah hiu yang kerap ditemui di sekitar perairan bersuhu rendah seperti yang menghadap ke kutub. Panjangnya sekitar 23 kaki dengan bobot seberat 363 kilogram. Hiu ini termasuk spesies yang langka karena hidup di laut dalam dengan kedalaman 6500 kaki di bawah permukaan laut.

Hiu Terbesar di Dunia - Somniosus Microcephalus (Greenland Shark)

Hiu terbesar di dunia ini sering ditemukan di perairan Atlantik Utara, Iceland, dan Greenland. Panjangnya bisa mencapai 21 kaki dengan masa hidup selama lebih dari 180 tahun. 

Vertebrata Greenland ini dapat hidup pada kedalaman 6600 kaki di bawah permukaan laut. Nama yang disandangnya pun beragam. Ia sering dipanggil ground shark, sleeper shark, inuit eqalussuaq, gurry shark, dan grey shark.

Hiu Terbesar di Dunia - Sphyma Mokarran (Great Hammerhead Shark)

Hiu terbesar di dunia selanjutnya adalah hiu pemalu yang terdapat di seluruh perairan di penjuru negeri. Hiu ini seringkali menghindari manusia karena merasa terancam dengan kehadirannya. Hiu great hammerhead memiliki panjang tubuh mencapai 20 kaki. Bobot terberat hiu hammerhead betina yang pernah tertangkap oleh manusia adalah sekitar 580 kilogram.

Hiu Terbesar di Dunia - Thresher Shark

Hiu terbesar di dunia yang menduduki posisi delapan adalah hiu thresher. Hiu ini tubuhnya kelihatan ramping dengan panjang sekitar 18 kaki. Hiu thresher paling berat yang pernah tercatat sejarah memiliki bobot tubuh sekitar 499 kilogram. Hiu terbesar di dunia ini sering dijumpai pada laut khatulistiwa.

Hiu Terbesar di Dunia - Hexanchus Griseus (Bluntnose Sixgill Shark)

Hiu terbesar di dunia selanjutnya adalah hiu yang terkenal dengan julukan hiu sapi. Julukan itu didapatinya karena warna tubuhnya yang coklat hingga kehitaman seperti sapi. Panjangnya sekitar 15 kaki. Hiu dari family Hexanchidae ini merupakan hiu sapi yang paling bertahan dibandingkan jenis lainnya yang sudah punah.

Hiu Terbesar di Dunia - Alopias Superciliosus (Bigeye Thresher Shark)

Urutan kesepuluh hiu terbesar di dunia adalah hiu yang memiliki warna abu-abu keunguan ini. Bobot tubuhnya sekitar 360 kilogram dengan panjang mencapai 15 kaki. Hiu yang sering ditemukan pada wilayah laut khatulistiwa ini sering berada pada kedalaman 1650 kaki di bawah permukaan laut. 

Namanya mencerminkan bentuk matanya yang bulat besar dan lebar. Matanya dapat mengarah ke atas hingga 10 cm.

Masih ada satu spesies hiu yang tergolong hiu terbesar di dunia. Hiu ini bernama carcharocles megalodon. Karena hiu ini sudah punah sekitar 1,5 juta tahun yang lalu, maka tidak terlalu banyak yang tahu akan keberadaannya.

Makanan utama hiu sepanjang 25 meter dan bobot tubuh 100 ton adalah ikan paus, penyu, lumba-lumba, dan binatang laut lainnya. Kecepatan gerakan dan kekuatan giginya mampu memecahkan cangkang penyu yang keras itu. Satu buah giginya bisa sepanjang 18 cm.

Megalodon dalam bahasa Yunani berarti 'gigi besar'. Kepunahan hiu ini dipastikan karena terjadinya seleksi alam mengingat hiu terbesar di dunia ini pernah ada pada zaman es atau ice age. Ketiadaan paus sebagai makanan utamanya juga menjadi faktor utama tidak dapat bertahannya hiu pemangsa ini.

Hiu Terbesar di Dunia - Rumah Nyaman bagi Hiu

Kebanyakan dari hiu terbesar di dunia tadi merupakan bangsa predator yang hampir punah keberadaannya. Faktor utamanya tentu akibat ulah manusia yang menjadikan hiu-hiu sebagai santapan lezat yang memanjakan lidah.

Selain itu, minyak hati ikan hiu juga banyak dijadikan obat yang disebut squalene. Squalene dapat dijadikan obat bagi penderita diabetes mellitus, hepatitis, dan radang hati. Untuk bisa mengambil hati ikan hiu, banyak dari produsen squalene yang tidak mengindahkan keseimbangan ekosistemnya dengan melakukan aksi tangkap hiu sembarangan.

Untuk bisa mencegah perbuatan terlarang tersebut, Pemerintah Kepulauan Marshall membangun rumah nyaman bagi hiu seluas 4,6 juta kilometer persegi. Kepulauan kecil di Samudera Pasifik ini kerap menjadi tempat berkumpulnya para hiu, tak terkecuali hiu terbesar di dunia.

Pemerintah Kepulauan Marshal juga bekerja sama dengan para pencinta lingkungan dari Pew Environment Group yang bermarkas di Amerika Serikat. Mereka sama-sama membuat undang-undang yang melarang penangkapan ikan hiu, termasuk hiu terbesar di dunia, dan melarang penggunaan alat pancing yang berbahaya.

Posting Komentar untuk " Mari Mengenal Hiu Terbesar di Dunia"