Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk-Bentuk Tulisan Aneh dan Unik di Dunia

tulisan-mesir-kuno

Bentuk-bentuk tulisan aneh dan unik ada beragam di dunia ini. Biasanya bentuk tulisan yang demikian memiliki bentuk penulisan huruf yang berbeda dengan penggunaan huruf abjad standar internasional. 

Menariknya, tulisan-tulisan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Orang akan lebih mengingat identitas negara tersebut ketika melihat suatu tulisan yang aneh ataupun unik.

Tentang Bentuk Tulisan dan Sejarahnya

Pada dasarnya, tidak ada yang salah dengan bentuk-bentuk tulisan aneh atau pun unik. Hanya memang tentu ada sudut pandang yang mendasari mengapa suatu tulisan berbentuk aneh dan tulisan lainya tidak aneh. 

Bagi beberapa orang keanehan bentuk tulisan bisa jadi karena orang tersebut asing dengan bentuk itu. Tentu akan lain cerita jika orang tersebut sudah akrab dengan tulisan yang dianggap aneh.

Contoh sederhananya, orang Indonesia yang tidak akrab dengan bentuk tulisan Rusia akan merasa aneh karena banyak alfabet yang tidak sama baik dengan bahasa Inggris pada umumnya. Begitu pun juga dengan tulisan-tulisan laiinnya. Hal ini cukup wajar mengingat budaya suatu tempat berbeda dengan budaya di lain tempat.

Lantas mengapa suatu negara memiliki perbedaan tulisan dengan budaya lainnya? Hal ini tentu terkait sejarah tulisan itu sendiri. Pada mulanya, bahasa dikembangkan dengan berbagai ekspresi lewat tanda-tanda. Tanda-tanda yang kemudian disebut sebagai tulisan ini sudah ada sejak ribuaan abad silam. 

Diperkirakan, tulisan ada pertama kali pada 3200 SM di Kerajaan Mesopotamia. Kemudian juga banyak penelitian yang mengatakan bahwa pada tahun-tahun berikutnya tulisan berkembang baik di Mesir Kuno maupun dataran Cina.

Saat itu, Mesopotomia menciptakan tulisan yang disebut cuneiform. Sementara itu bangsa Cina membuat tulisan yang berkembang sampai sekarang. Tulisan tersebut adalah ogograf. 

Dan di Mesir, terdapat tulisan yang sangat terkenal di kalangan sejarah yang disebut hieroglif. Perbedaan tulisan di berbagai tempat inilah yang melandasi ragam bentuk tulisan hingga sekarang.

Berbagai Tulisan Aneh dan Unik

Jika menilik tulisan-tulisan yang ada di dunia, ada beberapa tulisan yang banyak dianggap aneh, termasuk tulisan kuno. Tulisan dengan bentuk aneh tersebut umumnya karena memiliki bentuk yang yang menarik untuk dicermati, bukan aneh dalam artian berkonotasi negatif.

Aneh dalam hal ini adalah bahwa bentuk tulisan tersebut memiliki keunikan tersendiri. Beberapa bentuk tulisan yang tergolong aneh dan unik adalah tulisan Jepang yang sangat beragam bentuknya, bentuk tulisan Cina yang lebih rumit, tulisan Hindustan yang sering memakai garis lurus yang terhubung antara satu huruf dengan huruf lainnya, dan masih banyak lagi.

Salah satu tulisan yang tergolong aneh dan unik adalah tulisan Fenisia. Yang membuat  unik dari tulisan adalah simbol hurufnya yang khas dengan garis melengkung pada bagian kakinya. 

Tulisan Fenisia sendiri merupakan tulisan yang diperkirakan keberadaanya hadir pada 1000 SM. Tulisan huruf Fenisia ini merupakan tulisan untuk bahasa Fenisia. Bahasa Fenisia ini merupakan bahasa Semitik Utara.

Tulisan pada bahasa ini menggunakan bentuk abjad “gundul". Pada perkembangannya, tulisan Fenisia kemudian menggunakan abjad Yunani.. 

Huruf-huruf tersebut dikenal dengan 24 bentuk yang dinamakan Alpha, Beta, Gamma, Delta, Episilon, Zeta, Eta, Theta, Iota, Kappa, Lambda, Mu, Nu, Xi, Omicron, Phi, Rho, Sigma, Tau, Upsilon, Pi, Chi, Psi dan Omega. Abjad ini kemudian dikenal sampai sekarang, terutama untuk keperluan sains.

Bentuk-bentuk tulisan aneh lainnya adalah tulisan Rusia. Bentuk huruf yang digunakan oleh negara yang dulunya bernama Uni Soviet ini adalah bentuk huruf Sirilik yang telah dimodifikasi. 

Beberapa bentuk hurufnya cenderung tegas dan umumnya tidak memiliki lengkuangan ataupun kaki pada bagian huruf yang memiliki garis horizontal pada bagian atasnya. Yang cukup unik dan aneh dari huruf ini adalah bentuk huruf C untuk abjad S atau bentuk huruf untuk huruf O.  

Yang menarik adalah untuk menyatakan huruf I, abjad Rusia menuliskannya dengan simbol huruf N yang terbalik.

Font Aneh di Dunia Teknologi

jenis-jenis-huruf

Bentuk tulisan dalam dunia teknologi seringkali disebut Font. Biasanya font ini ada pada program pengolah kata. Bentuk tulisan tersebut umumnya sebagai alternatif dalam rupa tulisan. Secara umum, font ini terbagi ke dalam beberapa bentuk utama. 

Bentuk-bentuk tersebut yaitu:

Sherif

Bentuk tulisan ini memiliki tanduk pada bagian yang panjang atau ujung dari sebuah huruf.

Sans Sheif

Berbeda dengan Sherif, bentuk huruf Sans Sheif memiliki tanduk pada tiap panjangnya.

Font Narrow

Berbagai bentuk tulisan yang masuk kategori ini adalah tulisan yang tiap hurufnya memiliki jarak yang sempit dengan huruf lainnya. Artinya huruf yang satu merapat dengan huruf di sebelahnya.

Font Rounded

Bentuk tulisan ini dicirikan dengan huruf yang membulat pada bagian ujungnya.

Hand Writing

Bentuk tulisan ini adalah bentuk tulisan yang unik. Seperti namanya, bentuk tulisannya tampak seperti buatan tulisan tangan. Dan bentuknya cendrung unik, bisa jadi kaligrafi, tulisan tangan bersambung, atau bentuk lainnya. Font dari keluarga inilah yang kemudian memunculkan bentuk-bentuk tulisan aneh pada perkembangan selanjutnya.

Selain keluarga Font di atas, ada pula font dengan ciri khas huruf yang tampak tebal, miring dan juga cenderung tipis. Aneka ragam font ini bisa ditemukan pada program Microsoft Word, sebuah program pengolah kata yang cukup ternama. 

Selain font di atas, ada beberapa font atau bentuk tulisan yang memiliki karakteristik unik, aneh, dan tidak normal. Sebut saja font semacam wingdings. Font jenis ini mengubah alfabet menjadi simbol  berupa kotak, segitiga, atau bentuk lainnya.

Ada juga font webdings. Font ini lebih aneh. Alfabet B misalnya. Alfabet ini dilambangkan dengan sepeda. Untuk abjad C, font ini mengubahnya menjadi dengan kotak berwarna putih dan D dengan perisai. 

Yang lebih aneh adalah simbol H yang ditandakan dengan mobil ambulan sedangkan untuk alafabet Z dilambangkan dengan larangan merokok.

Selain wingdings dan webdings, ada juga font aneh lainnya. Sebut saja font snap ITC dan ravie. Font snap ITC tidak seaneh wingiding dan webdings. Font ini lebih banyak bermain dengan bentuk alfabet yang lebih berisi. 

Alfabet yang dituliskan dengan bentuk tulisan snap ITC akan memiliki ruang besar dengan arsiran hitam di dalamnya. Bentuknya sendiri dilengkungkan sehingga jika ditelisik bentuk hurufnya agak gemuk dibandingkan font lainnya. 

Untuk font ravie, bentuknya hampir mirip dengan snap ITC. Hanya memang bentuk huruf ravie tidak terlalu gemuk. Tentu selain font-font tersebut masih banyak font lainnya. 

Bentuk tulisan yang cenderung aneh pada program Microsoft Word tersebut banyak  digunakan untuk keperluan tertentu. Untuk alfabet yang dilambangkan dengan simbol lain biasanya digunakan untuk sandi sedangkan untuk bentuk-bentuk tulisan lain yang cenderung unik dan menarik biasanya digunakan untuk keperluan desian grafis. 

Bahkan, kini setiap orang bisa membuat font atau bentuk tulisannya sendiri menggunakan program khusus. Tentu dengan adanya program ini, bentuk-bentuk tulisan akan semakin aneh kedepannya.

Informasi tentang bentuk-bentuk tulisan aneh ini mudah-mudahan memberikan banyak manfaat dan inpirasi bagi Anda. Semoga informasi ini membantu Anda.

Posting Komentar untuk " Bentuk-Bentuk Tulisan Aneh dan Unik di Dunia"